28 April 2009

Pengaruh jumlah halaman terhadap google pagerank

Tulisan ini masih merupakan lanjutan dari tulisan-tulisan tentang google pagerank sebelumnya. Dimana algoritma pagerank memiliki pengaruh terhadap beberapa aspek dalam website yang kita buat. Yang akan saya coba bahas kali ini adalah pengaruh dari jumlah halaman dari sebuah website terhadap google pagerank.
Sebelumnya kembali perlu diperhatikan adalah, pagerank ditentukan untuk setiap halaman akumulasi pagerank berbanding lurus dengan jumlah halaman (dengan catatan website tidak mendapat kontibusi ke/dari halaman lain). Kenapa saya bold dan underline? karena ini variabel penting dari pengaruh konsep jumlah halaman ini dan akan dijelaskan di bawah.

Dari sini dapat disimpulkan setiap penambahan halaman juga akan menambah akumulasi pagerank website tersebut. Untuk nilai per-halaman (bukan akumulasi pagerank) sangat ditentukan oleh struktur link website tersebut.
Contohnya, misalnya struktur hirarki, yang membuat halaman yang paling dalam memiliki link ke halaman diatasnya atau halaman index, sedangkan halaman index tidak memiliki link langsung ke halaman pada hirarki paling dalam, maka google pagerank tertinggi dari website tersebut dapat dipastikan adalah halaman index. Dan secara otomotis halaman dalam hirarki yang paling dalam akan memiliki pagerank yang paling rendah.. (struktur ini baik jika anda bisa dan hanya butuh mengoptimasi halaman index anda)

Kembali pada poin yang digaris-bawahi di atas, sebuah situs, (apalagi yang dalam proses optimasi) sudah pasti sangat membutuhkan ibound link dari situs lain untuk meningkatkan pagerank. Kontribusi pagerank dari inbound link ini akan didistribusikan ke semua halaman web yang anda miliki yang besaran yang didapat tiap halaman kembali ditentukan struktur link website.
Secara kasarnya jika kita mendapat kontribusi dari inbound link sebesar 1 pagerank, nilai itu akan dibagi kesemua halaman website kita, bukan hanya halaman yang menerima inbound link. Dari sini juga dapat kita lihat, setiap penambahan jumlah halaman, akan memperbesar faktor pembagi tersebut. Penurunan kontribusi pagerank dari inbound link berbanding lurus dengan jumlah halaman yang kita tambahkan.

Dengan ini, jangan salah diasumsikan untuk tidak menambahkan halaman website bisnis anda, atau menambah posting pada blog anda. Karena sebuah wesite yang fresh, sering diupdate juga disenangi oleh search engine.
Solusinya adalah, setiap penambahan halaman pada website anda harus juga diusahakan penambahan baclink ke situs anda.
Semakin besar website yang anda miliki semakin banyak backlink yang ada perlukan agar keseluruhan halaman website anda memiliki pagerank yang merata (tidak hanya index yang memiliki pagerank tinggi tetapi halaman lain pagerank-nya sangat rendah).

Keywords Research! Hati-hati dengan keywords korban seo

Sebagai tambahan artikel sebelumnya tentang bagaimana memilih keywords yang baik, kali ini saya akan coba mengulas bagaimana sebuah keywords bisa menjadi korban seo. Untuk mempermudah, saya langsung ambil contoh kasus yang saya temukan.
Kemaren sudah dibahas kalau lebih baik memilih keywords yang berhubungan dengan apa produk atau jasa yang dicari orang dan bukan terfokus pada nama usaha anda, tentu saja ini tidak sepenuhnya benar. Bagi yang menginginkan situs web yang dimiliki merupakan sumber pengunjung yang akan menjadi sumber customer dan pendapatan ini sangat disarankan. Tetapi bagi perusahaan yang sudah besar atau pribadi yang sudah terkenal dan sedang membangun coorporate image tentu akan lebih sesuai menggunakan nama perusahaan.

Salah satu keywords yang menarik bagi saya dan sudah dioptimasi oleh sangat banyak situs adalah ; “bali-hotels” dan “bali maps“. Kalau melihat hit-nya di tool-tool keywords research, hitnya sangat tinggi. Dari keywords itu dapat kita lihat dua perbandingan :

* Hotel adalah akomodasi pariwisata yang sangat dibutuhkan orang saat bepergian (kebutuhan primer), sedangkan “maps” atau peta hanya dibutuhkan sebagai panduan untuk yang belum tahu sebuah lokasi.
* Hotel merupakan bisnis yang sangat besar jika dibandingkan dengan sebuah peta.

Dari point satu dapat kita simpulkan bahwa keywords hotel akan lebih banyak dicari pada keywords maps.
Perbandingannya dapat kita lihat dalam gambar.




Keywords Research! Hati-hati dengan keywords korban seo
March 08, 07 by admin

Sebagai tambahan artikel sebelumnya tentang bagaimana memilih keywords yang baik, kali ini saya akan coba mengulas bagaimana sebuah keywords bisa menjadi korban seo. Untuk mempermudah, saya langsung ambil contoh kasus yang saya temukan.
Kemaren sudah dibahas kalau lebih baik memilih keywords yang berhubungan dengan apa produk atau jasa yang dicari orang dan bukan terfokus pada nama usaha anda, tentu saja ini tidak sepenuhnya benar. Bagi yang menginginkan situs web yang dimiliki merupakan sumber pengunjung yang akan menjadi sumber customer dan pendapatan ini sangat disarankan. Tetapi bagi perusahaan yang sudah besar atau pribadi yang sudah terkenal dan sedang membangun coorporate image tentu akan lebih sesuai menggunakan nama perusahaan.

Salah satu keywords yang menarik bagi saya dan sudah dioptimasi oleh sangat banyak situs adalah ; “bali-hotels” dan “bali maps“. Kalau melihat hit-nya di tool-tool keywords research, hitnya sangat tinggi. Dari keywords itu dapat kita lihat dua perbandingan :

* Hotel adalah akomodasi pariwisata yang sangat dibutuhkan orang saat bepergian (kebutuhan primer), sedangkan “maps” atau peta hanya dibutuhkan sebagai panduan untuk yang belum tahu sebuah lokasi.
* Hotel merupakan bisnis yang sangat besar jika dibandingkan dengan sebuah peta.

Dari point satu dapat kita simpulkan bahwa keywords hotel akan lebih banyak dicari pada keywords maps.
Perbandingannya dapat kita lihat dalam gambar.

Sedangkan dari point dua dapat kita simpulkan dalam ruang lingkup seo, keywords hotel akan lebih banyak dioptimasi oleh situs-situs hotel, karena dari situ meraka berharap pesanan kamar dari tamu.

Jika diperhatikan, kedua keywords ini paling banyak dibutuhkan oleh orang asing yang bepergian ke “bali” dengan tujuan wisata yang sudah dapat dipastikan nilai konversi pengunjung situs yang sudah dioptimalkan merupakan pengunjung yang dari luar bali atau luar negeri. Tapi dalam tabel di bawah jumlah hits kedua keywords tersebut terlihat aneh !





Dapat dilihat, kedua keywords “bali hotels” dan “bali maps” sudah menjadi korban seo dan yang lebih parah adalah keywords “bali hotel” disebabkan karena banyak situs yang melakukan optimasi pada situs ini. Hits pada keywords yang besar itu bukan berasal dari para calon customer, pelanggan atau calon pengguna jasa. Tapi tidak lebih dari ratusan kali searching dari para webmaster yang mengecek posisi situs mereka di search engine.
Kita sudah tidak dapat lagi menentukan dengan tool apapun berapa sebenarnya customer potensial dengan pemakaian keywords tersebut. Satu lagi dampak buruknya bagi yang berkantong lebih tipis, biaya traffic anda mungkin bukan dari calon customer potensial, tetapi lebih banyak dari saingan-saingan anda.

Apa yang salah? Jawabnya tidak ada!. Dari contoh kasus ini kita hanya perlu lebih teliti dalam menganalisa jumlah hit keywords-keywords yang populer. Dan inilah salah satu manfaat jika anda lebih mengoptimasi pada keywods yang lebih spesifik seperti contohnya “bali cheap hotel” atau “cheap bali vacation package“. Dan tentunya kasus yang sama mungkin terulang lagi.